Penyebab dan Cara Mengobati Serta Cara Mencegah Bintitan

bintitan
Bintitan atau dalam istilah kedokterannya disebut hordeolum bukanlah disebabkan karena kebiasaan mengintip seperti yang sering disebut-sebut dalam mitos. Benjolan kecil pada pinggir kelopak mata ini kerap disertai rasa gatal dan nyeri, yang kemudian dapat bertambah besar layaknya bisul.

Penyebabnya adalah peradangan muara kelenjar pada lapisan kelopak mata atas maupun bawah dimana terdapat produksi cairan yang berguna untuk fungsi air mata dan keringat. Apabila muara kelenjar itu tersumbat oleh kotoran seperti debu, make-up, dan lainnya; maka timbulah bintitan. Peradangan ini bisa terjadi tanpa atau dengan adanya infeksi bakteri.

Penanganan pertama pada bintitan adalah dengan memberikan kompres hangat sambil memijit bagian kelopak yang mengalami bintitan. Kompres hangat akan melunakkan sumbatan yang mengeras sehingga mempercepat penyembuhan. Cara ini cukup efektif dan umumnya bintitan akan membaik dengan sendirinya. Penanganan lainnya adalah dengan antibiotik oleh dokter. Apabila bintitan ‘membandel’ dan tetap tidak mengempis, dokter bisa merekomendasikan insisi atau pembedahan untuk mengeluarkan penyumbatannya.

Kebiasaan seperti mengucek mata saat tangan kotor adalah kebiasaan kurang baik yang harus dihindari, karena kuman yang berada di telapak tangan akan masuk ke dalam mata dan dapat memicu terjadinya bintitan. Daerah kelopak mata juga harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan debu dan minyak menumpuk. Bagi pemakai lensa kontak, ada baiknya menghentikan pemakaian sementara sampai kondisi membaik.

Biarkan bintitan (Hordeolum) pecah sendiri, jangan mencoba untuk memecahkannya. Untuk bintitan yang tidak pecah sendiri, biasanya akan dilakukan penyayatan oleh dokter mata agar nanahnya dapat keluar. Cara mencegah mata bintitan (Hordeolum) adalah :
1. Jaga Kebersihan.
Kebersihan seluruh tubuh harus dijaga agar tidak mudah terkena infeksi atau peradangan oleh bakteri.
2. Cuci tangan sesering mungkin.
Karena tangan kita sering kotor maka jika tidak dicuci bisa menjadi pembawa kuman atau bakteri ketika kita mengucek mata yang bisa meyebabkan timbulnya mata bintitan (Hordeolum).
3. Waspada jika mata sering gatal
Karena ini mungkin saja tanda-tanda awal akan terjadinya mata bintitan (Hordeolum).
4. Mengistirahatkan mata.
Mata jangan dibuat terlalu lelah, karena mata yang lelah berpeluang sangat besar untuk terjadinya mata bintitan (Hordeolum).
5. Istirahat yang cukup.
Kurang tidur atau sering begadang dapat pula menjadi salah satu penyebab mata bintitan (Hordeolum).
6. Tingkatkan daya tahan tubuh.
Olahraga yang cukup dan makanan yang bergizi dapat mencegah terjadinya mata bintitan (Hordeolum).
7. Lindungi mata.
Pakailah pelindung mata di tempat-tempat yang kotor, berdebu dan berasap supaya mata tidak mudah teriritasi.
Itulah 7 langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya mata bintitan (Hordeolum) agar mata kita yang merupakan jendela dunia dapat tetap sehat.
Dan yang terakhir bahwa bintitan (Hordeolum) bukan tergolong penyakit menular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 8 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>